Wirausaha Muslim

Hari Santri 2017 Santri Preneur Indonesia Hebat

Hari Santri 2017 Santri Preneur Indonesia Hebat. Kewirausahaan yang di kenal dengan entrepreneurship ini mangandung banyak kelebihan yang berbeda dengan pekerjaan yang lain. Paradigma entrepreneurship memang merupakan paradigma yang terbaik karena entrepreneurship melibatkan kemampuan maksimal dalam hal kepemimpinan, fasilitator sekaligus generator .

Untuk menjadi seorang entrepeneur tidaklah mudah. Perlu adanya usaha dan modal yang besar tentunya. Semua itu akan menjadi sebuah kelebihan dari entrepreneurship jika didukung dengan kemampuan jiwa dari dalam diri kita sendiri, sebut saja kejelian dan bakat. Kedua hal itulah yang akan menunjang seseorang menjadi entrepreneur handal, karena ketika suatu usaha didukung dengan bakat, orang yang berkecimpung dalam hal itu cenderung tidak akan bosan karena dia menikmatinya sebagai bakat yang ia kuasai.

Santri dituntut untuk pandai berusaha mandiri dan percaya dengan kemampuan yang ia miliki. Dengan sifat mandiri yang ada dalam diri santri, maka dengan sendirinya mereka akan membentuk terobosan-terobosan baru berdasarkan spirit, mindset, dan keterampilan dalam diri mereka.

Apabila kita sadar, banyak sekali usaha yang bisa dilakukan di sela-sela kita belajar. Sebut saja packing snack. Bila kita perhatikan, mulai dari kantin sampai restoran pasti menyediakan camilan dalam bungkus yang harganya berkisar Rp. 500 sampai Rp. 1000.Dan untuk memulai usaha ini sangatlah mudah plus murah, kita dapat memulai dengan membeli 4-7 kg camilan sebagai permulaanya. Dari 7 kg camilan yang dapat kita beli digrosir, kita dapat menjadikanya 65-90 bungkus. Kurang lebih kita akan mendapatkan keuntungan sebesar 200 per bungkusnya. Kemudian untuk strategi pemasaran, kita dapat menitipkan snack ini di koperasi asrama dan warung makan sekitar asrama atau pesantren.

Itulah salah satu contoh dari permulaan dari berentrepreneurship yang sebenarnya bisa kita dilakukan yang notabennya sebagai pelajar. Bermula dari hal yang kecil inilah maka akan tumbuh suatu yang namanya kesuksesan dalam berentrepreneurship. Tentu hal itu pula bisa dijadikan sebagai latihan kita berentrepreneurship sebelum kita terjun langsung di dunia entrepreneurship yang nyata.

Mengapa harus santri yang diprioritaskan? Karena santri adalah aset penting bagi kemajuan bangsa. Maka, suatu kewajiban bagi santri adalah mempersiapkan dirinya untuk mandiri dan menyiapkan diri menghadapi rintangan yang kelak menghalang.Santri berentrepreneurship memiliki kelebihan dalam menghadapi kehidupan. Ia lebih cenderung kuat karena ia sudah dituntut untuk mandiri dari awal dan berpikir kreatif.

Terlebih lagi jika entrepreneurship ini didukung oleh satu bakat yang dimiliki oleh santri. Hasilnya kemungkinan besar akan melebihi targetnya, baik dalam hal material ataupun finansial.

Print Friendly, PDF & Email